Bincang-bincang tentang properti & berbagi cerita peluang investasi.

19 Apr 2016

3 Prinsip Penting Dalam Rencana Pembangunan Rumah

21:13 Posted by Irfan albanjarie , No comments

Memiliki rumah sendiri adalah impian banyak orang, seringkali anda punya bayangan sendiri seperti apa rumah yang akan anda miliki nanti, dalam hal merencanakan pembangunan rumah sepertinya siapun bisa melakukannya, namun hasilnya akan berbeda jika anda merencanakannya sendiri dengan hasil yang direncanakan oleh arsitek atau tenaga profesional.

Bayar jasa arsitek itu mahal loh ? murah dan mahal itu relative dan hasilnya akan berbanding lurus dengan uang yang anda keluarkan, dan malahan kalau tidak pakai jasa arsitek ada kemungkinan biaya yang anda keluarkan untuk membangun rumah jadi lebih mahal, karena perencanaan yang tidak matang dan detail, kalau menggunakan jasa arsitek kita sudah bisa menghitung jumlah biaya yang akan digunakan untuk membangun sebuah rumah.

Ya kalau anda tetap ingin membangun rumah impian anda sendiri juga tidak masalah namun ada 3 prinsip yang sangat penting dalam merencanakan pembangunan rumah.

1. Biaya
Biaya adalah sejumlah uang yang harus anda persiapkan dan pertimbangkan dalam membuat perencanaan pembangunan rumah, biaya akan sangat tergantung terhadap luas bangunan, desain, bahan dan kualitas.

Dengan perencanaan anggaran biaya (RAB) anda bisa mengotak-atik instrument luas bangunan, desain, bahan dan kualitas agar sesuai dengan budget, supaya jangan sampai ada biaya yang terduga ketika pelaksanaan pembangunan, kalau dananya tidak terbatas ya tidak jadi masalah, tapi kalau dananya terbatas aka nada kemungkinan proses pembangunannya terlambat, atau harus pinjam uang utuk menutupi keperluan pembangunan.

2. Estetika
Prinsip estetika atau keindahan juga sangat penting, rumah yang indah dan nyaman, yang modelnya tidak jadul dan ketinggalan jaman, setiap sudutnya menampilkan pemandangan yang memanjakan indera penglihatan, ada taman yang berwarna warni, desain indoor dan outdoor yang selaras.

Urusan keindahan memang sangat relative, tergantung selera, tapi jangan sampai anda mengabaikan hal yang satu ini, karena rumah yang indah dari sisi investasi pun akan berbeda dari rumah yang biasa-biasa saja. Asalkan jangan terlalu nyentrik dan aneh-aneh.

Jangan terjebak kalau hanya rumah mewah dan mahal yang bisa indah, padahal rumah yang kecil, sederhana pun bisa disulap menjadi sebuah karya seni, dengan ditangan arsitek dan kontraktor yang tepat hal seperti ini bukan sesuatu yang tidak mungkin. Dengan jumlah biaya yang sama mungkin hasilnya akan berbeda.

3. Fungsi
Prinsip yang terakhir adalah segi fungsi, jangan sampai hanya karena ingin membuat rumah yang indah dengan desain yang cantik anda mengorbankan fungsi, desain yang indah tapi tidak meiliki fungsi yang baik hanya akan membuat biaya pembagunan jadi tidak efektif, saya (atau juga anda) sering menemukan sebuah bangunan yang salah satu ruangan atau sudutnya tidak terpakai, ada tapi fungsinya tidak jelas.

Jadi dalam perencanaan pembangunan rumah perhatikan setiap detil ruangan, sudut-sudut, apakah bisa berfungsi secara maksimal atau malah tidak punya fungsi sama sekali, kalau anda merasa itu tidak berfungsi maka bisa dihilangkan, lebih baik anggaran biayanya untuk ruangan lain yang memiliki fungsi lebih penting.

Dengan 3 prinsip diatas bisa kita simpulkan bahwa dalam hal perencanaan tidak bisa sembarangan dan harus dikerjakan secara teliti, kalau anda tidak punya waktu, tenaga dan pengetahuan tentang tata cara menyusun RAB, membuat desain rumah, anda bisa cari arsitek untuk membantu mewujudkan rumah impian.

Walupun nanti anda dibantu oleh arsitekur anda juga jangan lupa dengan 3 prinsip diatas karena kalau tidak cocok, anda juga bisa minta rubah, bertukar fikiran dan minta pendapat dengan arsitek. Intinya 3 prinsip ini harus seimbang jangan karena ingin biaya yang semurah-murahnya anda mengabaikan nilai seni dan fungsi, jangan hanya karena alasan seni anda tidak peduli lagi dengan biaya dan fungsi, jangan karena hanya mengutamakan sisi fungsi anda melupakan sisi seni dan biayanya.


0 comments:

Post a Comment