Bincang-bincang tentang properti & berbagi cerita peluang investasi.

9 May 2016

Agar Rumah Kosong Bisa Menghasilkan Uang

00:50 Posted by Irfan albanjarie No comments
 
Pada posting sebelumnya saya sudah menulis tentang bagaimana jika anda memiliki rumah kosong yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk disewakan atau dikontrakkan, sehingga tidak sebatas menjadi objek investasi semata (baca : Punya Rumah Kosong, Pertimbangkan 4 Hal Ini ) namun tahukah anda, bahwa selain dijadikan rumah kontrakan masih ada beberapa alternatif lain yang bisa anda pilih, namun tetap masih bisa menghasilkan uang.

Ada beberapa istilah lagi yang biasa digunakan dalam industri pariwisata yang mengacu kepada tempat tinggal sementara atau biasa disebut dengan akomodasi, rumah kosong yang anda miliki saat ini bisa saja dijadikan bisnis akomodasi atau penginapan non-hotel, di beberapa negara seperti di Jepang, trend penyewaan rumah atau apartement ini sudah mulai menjamur, bahkan di Indonesia, seperti di Bali ada beberapa orang yang mengelola rumah atau kamar milik penduduk untuk dijadikan penginapan, tentu saja harga yang ditawarkan lebih murah dari hotel dan sejenisnya.

Kira-kira dengan rumah tak terpakai yang anda miliki lebih cocok dibuat seperti apa ya ? okey mari kita bahas satu persatu jenis akomodasi yang cocok untuk rumah anda.

1. Guest House
Biasanya sebuah guest house dimiliki oleh perusahaan, instansi pemerintah atau swasta yang diperuntukan bagi para tamu-tamunya yang menginap dan mendapatkan fasilitas makan, minum serta pelayanan lainnya yang disediakan secara sederhana dan gratis atau ditanggung perusahaan atau instansi yang mengundangnya, akan tetapi ada beberapa rumah yang dijadikan sebagai  guest house yang dimiliki oleh pribadi dan dibuka untuk umum sama seperti hotel, hanya saja pelayanannya lebih sederhana.

2. Bungalow
Jika rumah anda berlokasi di daerah pantai, pegunungan, atau taman, anda bisa menawarkannya untuk disewakan kepada rombongan satu keluarga sebagai tempat peristirahatan pada waktu liburan, atau jika jumlah kamarnya banyak bisa untuk rombongan karyawan yang biasanya mengadakan acara seminar.

3. Holiday Flatlets
Jika rumah yang anda miliki sudah dilengkapi dengan peralatan rumah tangga, peralatan rekreasi, dan peralatan olahraga, anda bisa menyewakannya secara mingguan atau pada hari-hari libur dengan pelayanan, pemeliharaan dan pembersihan ruangan secara minimal. Jenis Rumah seperti ini biasa disebut Holiday Flatlets.

4. Lodging House
Lodging house adalah rumah yang menyediakan tempat menginap untuk satu malam saja atau untuk waktu kurang dari 1 minggu sekali datang menginap. dengan pola seperti ini biasanya cocok untuk mahasiswa yang bolak-balik dari luar daerah dan hanya masuk kuliah beberapa hari saja, atau karyawan yang harus rolling seminggu sekali ke beberapa daerah dan menetap selama satu atau dua hari.

5. Boarding House
Rumah atau sebagian rumah yang menyediakan tempat menginap untuk waktu singkat seperti lodging house, hanya saja ditambah dengan makan dan minum.

6. Kostel
Tempat kost sekarang tidak terbatas peruntukkannya untuk pelajar, mahasiswa dan karyawan saja tapi sudah merambah ke pasar masyarakat umum, dan sekarang banyak tempat kost yang menawarkan kost standart hotel atau "kostel" untuk harian atau mingguan, jadi tidak hanya ditawarkan terbatas harus satu bulan. ini juga bisa jadi alternatif kalau rumah yang anda miliki mempunyai beberapa kamar.

Untuk masalah atau kendala yang paling mendasar adalah perizinan dan pengelolaan, kalau belum ada furniture dan alat elektronik lainnya berarti anda juga harus mengeluarkan tambahan modal untuk membuat rumah anda berstandart sebuah penginapan, untuk pengelolaan khususnya, rasanya tidak perlu merekrut banyak tenaga profesional dari perhotelan, karena pengelolaannya lebih sederhana. Yang penting kita bisa membuat standart untuk kualitas kebersihan, kerapian dan pelayanan, 2 sampai 4 orang pun cukup, tergantung keperluannya nanti.

0 comments:

Post a Comment